Rabu, 18 Juli 2012

Sekilas Pandang Bisnis Online


S
ebagai fresh gradute tentu saja berfikiran untuk segera mencari kerja. Banyaknya pekerjaan yang bermacam-macam kadang membuat saya kesulitan. Untuk mengatasi hal tersebut maka saya sempatkan diri saya untuk membaca berbagai macam artikel mengenai pekerjaan, info-info pekerjaan, buku-buku dan lain sebagainya. Dari pekerjaan yang konvensional hingga yang alternatif. Salah satunya adalah Bisnis Online. Saya cukup tertarik dengan bisnis ini, tapi saya masih sangat awam (karena,,jika saya online hanya untuk facebook dan gameonline saja,,hehehe), jadi saya mulai untuk memahami apa itu 'bisnis online', keuntungan dan resikonya. (mungkin jika ada teman-teman yang lebih paham bisa memberi wawasan yang lebih,,hehehe) 

Apakah yang dimaksud dengan 'Bisnis Online'?
Ini adalah pengertian 'Bisnis Online' menurut pemahaman saya (hehe..)Berdasarkan Berdasarkan pada ilmu ekonomi, kata bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa kepada orang lain yang membutuhkan untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan kata 'Online' itu sendiri merupakan sebuah kata yang berhubungan dengan aktivitas menggunakan 'Internet'. Kesimpulannya adalah bahwa 'Bisnis Online' merupakan kegiatan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan lewat internet.

Apa keuntungan dari 'Bisnis Online'?
Banyak sekali keuntungan dari melakukan bisnis atau usaha melalui cara online atau lewat internet. Beberapa keuntungannya antara lain:
  1. Tidak memerlukan tempat transaksi. Hanya melalui dunia maya, anda cukup menyediakan Komputer atau laptop dan yang terpenting adalah koneksi internet. Anda dapat melakukan transaksi dimana saja, praktis sekali. 
  2. Anda tidak perlu mencari konsumen atau menawarkan barang layaknya pedagang di pasar. Anda cukup memajang barang dagangan atau jasa anda di internet. Cukup dengan menggunakan website, blog, atau anda dapat menggunakan facebook atau twitter, or jejaring sosial yang lain.
  3. Enaknya lagi,,kebanyakan dalam menjajakan bisnis online sangat minim biaya. hmmmmm
Apa resiko dari melakukan bisnis online?
Selain kemudahan dan keuntungan yang menggiurkan, juga terdapat resiko yang juga menjengkelkan. Sama halnya dengan bisnis konvensional 'Bisnis Online' juga terdapat resiko yang sejenis. Resiko paling banyak dijumpai adalah penipuan. Jadi kehati-hatian dalam bertransaksi patut menjadi perhatian utama, mengingat kita tidak bertemu secara langsung dengan konsumen-konsumen kita. Pastikan kevalidan data dari konsumen tersebut untuk menjamin kenyamanan dalam berbisnis.

Segala suatu pasti ada resikonya dan kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, yang terpenting adalah tidak mudah menyerah dan putus asa.

Selamat mencoba (Saya juga sedang mencoba,,hehehe,,semangat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar