Selasa, 24 Juli 2012

Cara Meningkatkan Akselerasi Honda Scoopy

Honda Scoopy Thailand
Roller racing aftermarket
Honda Scoopy merupakan varian motor retro yang diproduksi oleh pabrikan Honda. Scoopy pertama kali dilaunching di Indonesia pada tahun 2009 akhir. Penampakannya yang retro membuat Honda Scoopy balnyak dilirik baik yang muda dan yang tua. Dengan berbekal mesin berkapasitas 100cc menjadikannya gampang untuk dikendalikan, dan pembawaannya yang kalem cocok untuk 'city touring' atau kota-kota. Meskipun terbilang kalem, Honda Scoopy juga handal digunakan untuk turing, hal ini telah dibuktikan oleh rekan-rekan dari klub-klub Honda Scoopy yang ada di tanah air. Kemana saja dijabani tanpa ada kendala yang berarti, paling hanya pecah ban atau kerusakan kecil lainnya. 

Roller dan Rumah Roller
Bagi para pemakai Honda Scoopy yang masih merasa tarikannya kurang yahuut, anda bisa mensiasatinya dengan berbagai cara. Mulai yang ringan sampai yang berat. Namun, kiranya ubahan tersebut disesuaikan dengan penggunaan, sayang kan kalo diupgrade kenceng tapi cuma dibuat harian atau kota-kota,hehehe. Hal paling sederhana untuk meningkatkan akselerasi adalah denga penggantian roller. Honda Scoopy dibekali dengan roller 12g, sama seperti yang digunakan oleh Honda Vario, Honda Beat, dan Honda Spacy. Untuk meningkatkan akselerasi, anda bisa mengganti dengan roller yang lebih ringan. Untuk penggantian roller jangan sampai melebihi 3g dari berat aslinya. Jadi anda bisa memilih roller dengan berat 10g atau 9 g. Anda bisa memvariasi dengan mencampur antara roller 12g dengan 10g / 9g. Dengan konsekuensi roller yang ringan yang akan aus duluan. Lebih mantap lagi jika divariasikan dengan rumah roller racing, yang lebih ringan dan memiliki ruang roller yang lebih luas, yang imbasnya tarikan menjadi lebih puanjang. Satu set roller biasanya hanya Rp. 65-70ribu

CDI BRT POWERMAX DUALBAND
Koil Rcing Kitaco
Selain itu kita juga bisa mengupgrade kelistrikan dengan mengganti CDI dengan CDI unlimiter. CDI BRT (Bintang Racing Team) merupakan referensi utama, selain harganya terjangkau, kualitas juga dapat diandalkan, untuk CDI BRT Power Max Dualband Honda Scoopy/Beat berkisar Rp. 650 ribu. atau dengan penggantian Koil dan kop busi racing. Ada berbagai merek koil yang bisa menjadi pilihan, antara lain Blue Thunder, Kitaco, TDR, dll, harga berada pada kisaran Rp. 150ribu - Rp. 250ribu. Kop busi juga terdapat banyak pilihan, antara lain Kitaco, Splitfire, NGK. dll, kisaran harga antara Rp. 30ribu - Rp. 50ribu. Makin mantap lagi dengan pemakaian Busi Racing type iridium. Penggantian Kelistrikan ini akan berimbas pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih irit. Hal ini dikarenakan Api yang dihasilkan lebi besar ditambah dengan timing yang tepat akan menyempurnakan pembakaran sehingga bensin yang terbuang menjadi minim, dan tenaga semakin berisi. 

Part / Jasa
Harga/ Biaya
1.     Roller Racing (Kitaco)
2.     CDI Racing (BRT Power Max)
3.     Koil Racing (Blue Thunder)
4.     Kop Busi (Kitaco)
5.     Biaya bongkar pasang
Rp.   65.000,-
Rp. 650.000,-
Rp. 165.000,-
Rp.   35.000,-
Rp.   30.000,-
Total
Rp.  945.000,-

Tabel diatas merupakan rincian parts dan biaya yang mas bro keluarkan untuk mengupgrade Honda Scoopy supaya lebih bertenaga dengan parts 'plugs and play'. Tidak harus semuanya, tergantung dari budget mas bro,,hehehe. Selamat mencoba dan keep safety riding!! SALAM SATU ASPAL!! 

7 komentar:

  1. harga diatas thn brp gan Galih?
    salam kenal ya_

    @npindh

    BalasHapus
  2. Kalau buat scopy masih injeksi ada g gan.. 1 set buat bagian salah motor Roler sama apa. Tuh saya lupa . Kena brp gan .. Roler dan blok nya, poko nya 1 set dah ..

    BalasHapus
  3. Kalau buat scopy masih injeksi ada g gan.. 1 set buat bagian salah motor Roler sama apa. Tuh saya lupa . Kena brp gan .. Roler dan blok nya, poko nya 1 set dah ..

    BalasHapus
  4. Gan kalo kita pake cvt 2000 jadi luller penyeimbang nya pake luller yg brapa g ya??

    BalasHapus
  5. Ukuran loler pir CVT dan pambel yang TDR buat harian brpa mas

    BalasHapus
  6. Ukuran loler dan pir CVT dan pambel yang tdr untuk harian scoopy brpa ?

    BalasHapus